Selasa, 04 Maret 2014

Alasan Penting Kenapa Ban Kendaraan Anda Harus Memakai Nitrogen


By on 00.16

Bagi anda yang berlum mengetahui apa saja pengetahuan sains ilmiah dari gas nitrogen (N2) dibandingkan dengan udara biasa bagi ban kendaraan anda, sebagai tambahan edukasi kita, ada baiknya kita simak ulasannya berikut ini;

Nitrogen sebagai pelindung Planet Bumi pada lapisan Atmosfer

Atmosfer kita terdiri dari lapisan-lapisan gas berdasarkan volumenya yang terdiri dari 78,17% nitrogen (N2), 20,97% Oksigen (O2), 0,93% Argon, Karbon dioksida (CO2) sedangkan gas lainnya dalam konsentrasi rendah adalah Neon (Ne), Helium (He), Kripton (Kr), Hidrogen (H2), Xenon (Xe), Ozon (O3), Metan, dan sisanya adalah uap air. Lalu mengapa harus gas nitrogen yang memberi manfaat?

Nitrogen bersifat Inert

Nitrogen bersifat inert atau dengan kata lain secara kimia gas ini tidak bereaksi. Seperti yang terjadi pada atmosfer kita, gas Nitrogen lebih berperan sebagai pen-stabil tekanan udara pada ban kendaraan. Berbeda dengan udara biasa atau oksigen yang seringkali menimbulkan beberapa reaksi kimia akibat dari kenaikan temperatur, tekanan, gesekan-gesekan yang terjadi selama perjalanan. Masalah seperti sering kita lihat pada kendaraan pengangkut yang mengalami ledakan ban.

Karena Nitrogen memiliki sifat Inert, jenis gas ini secara signifikan tidak merusak ataupun mengganggu lapisan permukaan ban bagian dalam, seperti pengelupasan hingga kawat ban mencuat keluar. Sifat inert-nya ini juga mampu menjaga elastisitas karet ban, dan tidak menimbulkan benjolan disaat kendaraan melintasi jalanan berlubang. Beberapa ahli sains menyebutkan bahwa Nitrogen memilki keunggulan bila di isikan kedalam ban kendaraan karena secara kimia tidak menimbulkan korosi pada velg yang terbuat dari logam stainless dan lainnya, berarti reaksi ini dapat membantu menjaga ban jenis tubeles.

Nah, sekarang tinggal kekurangannya yaitu harga pengisian Nitrogen relatif lebih mahal dan belum lagi setiap pengisian, harus terlebih dahulu dikosongkan.

semoga artikel ini dapat membantu kita dalam memahami pentingnya nitrogen pada ban kendaraan kita.

About Nabila Syahidda

Nabila Syahidda adalah seorang newbie di dunia blogger, namun tiada halangan baginya mengekspresikan kemampuannya dalam nenulis artikel, terutama dunia Sains dan Teknologi. Semoga menjadi cara terbaik untuk berbagi ilmu dan pengetahuan

0 komentar:

Posting Komentar